Desain Basis Data Dengan MySQL

Sistem Basis Data merupakan suatu mata kuliah yang termasuk inti dari semua kurikulum Teknologi Informasi (TI). Karena mata kuliah inti dari kurikulum Teknologi Informasi ada tiga: Pemrograman, Basis Data, Jaringan Komputer dan Telekomunikasi. Hal itu dikarenakan Teknologi Informasi merupakan suatu teknologi yang meliputi proses menghimpun, menyimpan, mengolah informasi serta menyebarkan informasi tersebut sehingga bisa bermanfaat bagi kepentingan manusia. Dengan demikian keterkaitan Sistem Basis Data dengan Teknologi Informasi sangat kelihatan sekali, bahkan bisa dibilang merupakan inti dari Teknologi Informasi.

Dalam pembuatan suatu aplikasi perangkat lunak sangat diperlukan tahapan-tahapan proses. Tahapan proses itu di antaranya adalah:

analisis kebutuhan

desain

implementasi

Begitu pula dalam pembuatan aplikasi sistem basis data maka proses-proses di atas adalah suatu keharusan.

Setelah kita mendapatkan dokumen formal maka langkah selanjutnya adalah membuat rancangan sistem basis data dari mini market. Berbagai model rancangan sistem basis data telah dikembangkan mulai dari Model Jaringan sampai yang paling baru yaitu Model Berorientasi Obyek. Namun demikian yang akan kita tekankan di sini adalah Model E-R (EntityRelationship) yang juga berbasis obyek, karena model inilah yang sekarang paling banyak digunakan oleh para praktisi di industri perangkat lunak sistem basis data. Entity bisa diartikan sebagai obyek. Perlu ditekankan bahwa istilah entity yang digunakan di sini hanya menunjukkan sebuah obyek, bukannya menunjukkan suatu himpunan obyek. Bila yang dimaksud himpunan obyek maka penulis akan menuliskannya sebagai himpunan entity.

Model E-R sangat mudah dimengerti karena memang dikembangkan sesuai dengan kondisi di dunia nyata, yang selalu melihat segala hal berdasarkan obyek. Komponen-komponen dari Model E-R yang utama adalah:

 

entity

 

atribut

 

relationship

 

 

Di dalam Model E-R, suatu sistem basis data dapat dimodelkan sebagai suatu kumpulan entityentity yang saling mempunyai relationship satu sama lain melalui atribut-atribut yang dimiliki entityentity tersebut. Kemudian apakah yang disebut dengan entity, atribut dan relationship itu masing-masing akan dijelaskan pada sub bab berikut ini.

 

3.1 Entity

 

 

Entity adalah suatu obyek yang nyata dan bisa dibedakan dengan obyek lainnya. Sedangkan yang disebut sebagai himpunan entity adalah suatu himpunan dari sekumpulan obyek yang mana obyek-obyek tadi memiliki perbendaharaan/atribut yang sama. Perbedaan antara himpunan entity satu dengan himpunan entity lain tampak dari perbedaan atribut-atribut yang dimiliki himpunan-himpunan entity tersebut. Contoh dari suatu entity adalah barang dagangan, pelanggan/pembeli barang, penyalur barang, murid, mata pelajaran, guru, sepeda, alat tulis, kegiatan belajar, obyek wisata, dan lain-lain.

 DownLoad Selengkapnya >>

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s